Categories: buku

sistem manajemen keamanan informasi

SISTEM MANAJEMEN KEAMANAN INFORMASI
Teori, Perancangan dan Implementasi Berbasis ISO 27001

Sebuah organisasi harus mengetahui dimana data disimpan, bagaimana karyawan menyimpan informasi, dan bagaimana data dipertukarkan secara internal dan eksternal (Michael Chobb, Microsoft MVP)

Keamanan Informasi saat ini telah menjadi hal yang amat penting didalam suatu organisasi. Karena Infomasi telah menjadi suatu aset tersendiri didalam organisasi yang dapat dinilai dengan uang, hal ini disebabkan jika infomasi tersebut jatuh atau diakses oleh yang tidak berhak dapat menimbulkan kerugian secara materiil.

Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) adalah bagaimana kita menjalankan siklus hidup Manajemen Keamanan Informasi, yaitu membangun, mengimplementasikan, mengoperasikan, mengevaluasi dan memelihara prosedur-prosedur Keamanan Informasi pada suatu Organisasi. Di dalam buku ini dibahas bagaimana suatu organisasi dapat menjalankan siklus hidup Manajemen Kemanan Informasi melalui pendekatan proses bisnisnya.

Hal-hal yang dibahas dalam buku ini mencakup : Dasar-dasar Keamanan Infomasi secara teori konseptual, Bagaimana membangun dan mengelola Keamanan Infomasi (Implementasi dan operasionalnya), Mengevaluasi dan mengembangkannya berdasarkan standart acuan International yaitu ISO 27001. Oleh karena itu buku ini akan memberikan pemahaman tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi baik secara konsep teori maupun secara teknis dan praktis dengan demikian buku ini layak sebagai pegangan bagi organisasi bisnis, Praktisi IT maupun bagi dunia pendidikan untuk lebih dalam memahami Sistem Manajemen Keamanan Informasi.

http://riyanarto.blogspot.com